» » Tanaman Herbal Obat Diabetes

Tanaman Herbal Obat Diabetes


Pada umumnya penyakit diabetes disebabkan oleh pola makan yang tidak termoitor dengan baik atau bisa jadi akibat dampak samping dari penggunaan obat-obat spesifik. Dibawah ini terdapat beberapa alasan seseorang terkena diabetes, antara lain :

-  Kolesterol tinggi
-  Pola hidup yang tidak sehat
-  Merokok
-  Terlampau banyak mengkonsumsi karbohidrat
-  Rusaknya sel pankreas
-  Factor keturunan
-  Faktor kegemukan
-  Faktor tekanan darah tinggi
-  Angka triglycerid yang tinggi

 
Terdapat beberapa alternative  tanaman herbal yang dapat dipakai oleh pasien diabetes untuk mencegah dan mengobati penyakitnya. Tanaman herbal ini adalah ramuan alami yang telah dipakai sejak jaman kuno yang telah terbukti efektivitasnya secara ilmiah sebagai tanaman spesifik untuk menyembuhkan diabetes. Berikut Dibawah ini beberapa tanaman herbal yang biasa dipakai untuk mengobati penyakit diabetes :


Lidah Buaya.

Lidah buaya sering dikira sebagai ‘ramuan penyembuh’. Getah kering lidah buaya serta gel ( sisi didalam daun ) dipakai dengan tradisional untuk menyembuhkan diabetes dikarenakan bisa menolong turunkan kandungan glukosa darah puasa


Bawang Putih

Tanaman herbal untuk pasien diabetes yaitu bawang putih. Bawang putih merupakan ramuan paling baik untuk turunkan gula darah dan perbaikan beberapa sel pankreas serta merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin. Sayang, meski telah terbukti secara ilmiah, tanaman bawang putih masih jarang dimanfaatkan


Fenugreek

Tanaman herbal untuk pasien diabetes yaitu fenugreek. Fenugreek yaitu sejenis tanaman biji-bijian yang banyak tumbuh di Asia serta kerap dipakai oleh penduduk India sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini mempunyai kekuatan untuk mengontrol kandungan glukosa darah serta sudah banyak dipakai untuk mengendalikan diabetes.


Kayu Manis

Tanaman herbal untuk pasien diabetes yang lain yaitu kayu manis. Kayu manis bermanfaat bikin beberapa sel lemak lebih gampang dibuka insulin serta menambah konversi glukosa jadi daya. Disamping itu juga menghalangi pembentukan radikal bebas yang beresiko.


Daun Mangga

Tanaman herbal untuk pasien diabetes yaitu daun mangga. Daun mangga diketahui sebagai obat yang efisien pada diabetes. Langkah penyajian : , cukup hanya merendam daun mangga semalaman didalam secangkir air. Sesudah itu, tiriskan daun  serta minum airnya. Perihal ini menolong untuk meringankan tanda-tanda diabetes.


Kemangi

Tanaman herbal untuk pasien diabetes yaitu kemangi. Penelitian sudah tunjukkan bahwa kemangi mempunyai dampak positif pada glukosa sesudah makan serta waktu puasa. ramuan ini bisa memfasilitasi sistem sekresi insulin.


Ginseng Asia

Tanaman herbal untuk pasien diabetes yaitu ginseng Asia. Ginseng Asia biasanya dipakai didalam penyembuhan tradisional Cina untuk menyembuhkan diabetes. Tumbuhan ini memiliki dampak segera saat menurunkan gula, menambah pelepasan insulin dari pankreas serta menambah jumlah reseptor insulin.


Brotowali ( Tinaspora Crispa )

Tanaman brotowali memiliki kandungan senyawa aktif tinokrisposid yang bermanfaat untuk mempercepat keluarnya glukosa melewati peningkatan metabolisme atau disimpan dengan segera sebagai lemak. Penelitian menunjukkan, bahwa diantara 36 pasien yang diberikan ekstrak brotowali mengalami penurunan kadar gula darah yang sangat signifikan.
Bagian yang kerap dipakai dari brotowali adalah batang serta akarnya. Penyajiannya : dengan cara direbus unuk diminum. Brotowali telah teruji secara klinis sangat aman untuk dikonsumsi.


Pare/Paria ( Momordica Charantia )

Pare atau paria yaitu sayuran tropis yang dibudidayakan secara luas di Asia, Afrika serta Amerika Selatan, serta sudah lama dipakai didalam penyembuhan tradisional sebagai obat diabetes. Kandungan zat yang terdapat di dalam pare antara lain : steroid saponin atau charantin, peptida yang menyerupai insulin. Senyawa aktif ini berfungsi untuk menambah pergantian sel, merangsang sekresi insulin di pankreas, serta merangsang penyimpanan glikogen di liver yang berakibat menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes jenis 2.

Langkah tradisional mengonsumsi pare sebagai jamu yaitu memerasnya sebagai jus. Layaknya brotowali, rasa pare adalah terasa pahit sekali. Janganlah mengkonsumsi pare terlampau banyak karena akan menyebabkan sakit perut serta diare. Minumlah secara teratur walaupun dalam porsi sedikit, misalnya setengah gelas setiap pagi dan sore hari. Pasien yang mengkonsumsi obat hipoglikemik ( klorpropamid, glyburide, phenformin) atau insulin, harus berhati-hati dalam mengkonsumsi pare akan efek pare akan semakin memperkuat efektifitas obat sehingga bisa mengakibatkan hipoglikemia berat.


Gymnema Sylvestre

Gymnema yaitu tanaman merambat layaknya sirih yang tumbuh di rimba tropis. Ciri fisiknya : daunnya bulat telur ( elips ) serta bunganya berwarna kuning kecil  layaknya lonceng. Bahan aktif tanaman ini, asam gymnemic, diekstrak dari daun serta akar, serta menolong turunkan serta menyeimbangkan tingkat gula darah. Wujud unik molekul asam gymnemic serupa dengan glukosa hingga memungkinkannya isi reseptor sel pada susunan usus untuk menghindar penyerapan molekul gula.

Ekstrak tanaman ini bisa jadi pengganti yang amat baik untuk obat penurun gula darah dikarenakan menolong pankreas menghasilkan insulin pada diabetes jenis 2 ( dimana tubuh pasien menghasilkan terlampau sedikit insulin atau tidak dapat memakai insulin dengan efektif ). Gymnema juga menambah kekuatan mengendalikan kandungan gula darah pada diabetes jenis 1 dengan langkah melakukan perbaikan sel beta pankreas serta merangsang pembentukan insulin.