» » Manfaat Kulit Buah Dan Sayuran Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Buah Dan Sayuran Untuk Kesehatan


Kulit sayuran dan buah seperti kulit kentang, kulit ketimun, waluh, dsbnya, ternyata terbukti memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini beberapa type sayuran dan buah yang kulitnya dapat dikonsumsi untuk kesehatan anda :


Ketimun

Ketimun adalah jenis sayuran yang biasanya orang mengkonsumsinya secara mentah dengan mengupas kulitnya. Ternyata kulit ketimun mengandung banyak serat makanan yang rendah kalori. Kulit ketimun sangat baik untuk memberikan perlindungan secara alami terhadap penyakit kanker usus besar.

Saran penyajian : sajikan ketimun untuk lalapan berikut dengan kulitnya ( tanpa dikupas )


Kentang

Berdasarkan penelitian bahwa kulit kentang mengandung banyak sumber vitamin, serat larut, serta mineral. Kandungan vitamin C pada kulit kentang ternyata jauh lebih tinggi dibanding pada satu buah jeruk. Serat larut yang terdapat pada kulit kentang mampu melancarkan metabolisme tubuh.
Saran Penyajian : didihkan kulit kentang dalam dua gelas air hingga menjadi satu gelas. Minumlah airnya untuk campuran juice atau dapat diminum begitu saja setelah dingin.


Labu Atau Waluh

Yaitu type sayuran yang kulitnya amat disarankan untuk dikonsumsi juga. Nyaris seluruh bagian dari kulit labu mengandung Seng. Labu memiliki kandungan zat yang amat baik untuk melindungi kesehatan kulit dan kuku. Disamping itu, kulit labu mengandung zat yang dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung serta kanker dibanding karoten yang terdapat pada daging labu.


Bit.

Fitonutrien yang terdapat didalam bit amat bermanfaat untuk tubuh dikarenakan mempunyai karakter anti-inflamasi serta detoksifikasi.


Terung.

Kulit yang terdapat pada terung ungu mempunyai manfaat untuk menambah antioksidan  yang telah dimiliki oleh tubuh kita.


Pisang

Beberapa peneliti di Taiwan mendapatkan bahwa ekstrak kulit pisang bisa kurangi depresi dikarenakan kulit pisang kaya dengan zat serotonin, yaitu senyawa kimia yang menyebabkan situasi hati menjadi balancing. Kulit pisang juga ditemukan amat baik unuk kesehatan mata, dikarenakan memiliki kandungan lutein antioksidan yang memberikan perlindungan terhadap beberapa sel mata dari tuturan cahaya ultraviolet, yang menjadi pemicu utama penyakit katarak.

Saran Penyajian : didihkan  kulit pisang yang sudah dikupas selama 10 menit. Kemudian minumlah airnya sesudah dingin atau dapat juga dijadikan juice, yaitu dengan menempatkan kulit pisang di juicer.


Bawang Putih

Kulit bawang putih memiliki kandungan enam senyawa antioksidan yang terpisah, menggunakan peeling siung bawang putih pada wajah dapat menolong melawan sistem penuaan karena bawang putih mengandung  antioksidan phenylpropanoid serta membuat perlindungan pada jantung.

Saran Penyajian : gorenglah bawang putih utuh yang sudah digeprek berbarengan dengan kulitnya menggunakan minyak zaitun. Atau anda dapat memanggang bawang putih yang sudah digeprek dengan menyertakan juga kulitnya.


Kulit Semangka

Kulit semangka mempunyai manfaat yang lebih baik daripada buah semangkanya sendiri.

Manfaat Kulit Semangka:
- Menolong mengurangi tekanan darah
- Dapat dipakai untuk membersihkan muka dan membikin kulit halus serta menyingkirkan kotoran pada kulit.
- Memakan kulit semangka dapat menjadikan kulit lebih putih


Kulit Apel

Manfaat Kulit Apel :
- Kulit apel bisa menyingkirkan dahak dari tenggorokan anda. Langkahnya : campur 30 gram kulit apel segar dengan air serta minumlah layaknya minum teh.
- Kulit apel kering yang sudah dihaluskan, berguna untuk menyembuhkan diare kritis. Langkahnya :ambillah 15 gram kulit apel kering, seduh dengan air hangat, minum 2-3 kali 1 hari pada saat perut kosong. Langkah ini juga bisa menolong menurunkan tekanan darah darah tinggi.


Kulit Pir

- Kulit pir merupakan makanan yang paling baik untuk paru-paru. Langkah penyajian : rebuslah 30 gram kulit pir selama 30 menit atau lebih, kemudian minumlah sup ini .  Sup ini akan dapat mengurangi batuk dan menyingkirkan dahak.
- Kulit pir juga dapat kurangi pembengkakan serta kurangi rasa sakit. Langkahnya : usapkan kulit pir tumbuk pada kulit yang alami peradangan.


Kulit Jeruk Bali

Manfaat Kulit Jeruk Bali  :  Memberikan keseimbangan pada energi, mengusir dahak, meredakan batuk, menyingkirkan asma.

Langkah Penyajian : Campurlah irisan kulit jeruk bali dengan gula, madu, coklat. Kukuslah selama lebih kurang 30 menit.Tambahkan anggur kuning hangat
Ambillah satu sendok pada pagi hari dan satu sendok pada malam hari.