» » Apa Itu Makanan Junk Food Dan Akibatnya

Apa Itu Makanan Junk Food Dan Akibatnya










Terkadang aktivitas memasak kita di dapur terbengkelai karena kesibukan kita, sehingga tidak dapat menampik godaan untuk membeli makanan siap saji seperti kentang goreng atau burger dengan lelehan keju serta mayones. Sesekali boleh saja makanan junk food ini dibeli. Yang menjadi problem adalah jika makanan ini telah menjadi menu harian kita.

Makanan layaknya karbohidrat dari tepung pati, cookies didalam kemasan, keripik kentang, minuman bersoda yang manis, dan burger serta kentang goreng, bukan sekedar menambah susunan lemak didalam tubuh. Tetapi type makanan ini juga bisa menyebabkan masalah fisik yang bikin anda jadi tidak nyaman. Terlampau banyak konsumsi junk food sekurang-kurangnya dapat membuahkan dampak samping seperti berikut :

1.  Keriput sebelum  waktunya.
Dampak jelek junk food nyatanya tidak hanya pada berat badan, namun juga di wajah. Gula, lemak trans ( yang umumnya dipakai untuk memperpanjang periode berlaku sebagian makanan kemasan ), serta tepung, dapat mengakibatkan insulin melonjak naik serta menyebabkan peradangan
Reaksi kimia yang berlangsung saat molekul gula menyerang protein atau lemak jemu ini mempercepat sistem penuaan, dengan langkah menonaktifkan antioksidan didalam tubuh. Kulit anda kemudian jadi rawan terhadap paparan cahaya matahari serta membikin wajah jadi cepat keriput.

2.  sembelit.
Roti tawar, nasi, serta produk-produk lain yang memiliki bahan basic tepung pati, bisa mengakibatkan sembelit dikarenakan kandungan seratnya yang rendah. walau sebenarnya, serat berperan menggerakkan semua  hal melewati tubuh.
Bila anda alami dehidrasi, situasi sembelit dapat makin kronis. Apalagi jika anda mengimbangi makanan ini dengan minuman soda.

3.  Mulas.
Mengonsumsi junk food  terlampau banyak dapat menyebabkan masalah asam lambung. Makanan yang tinggi kandungan lemak jenuhnya perlu waktu lebih lama untuk dicerna.

4.  PMS (Premenstrual syndrome)

Ada sumber-sumber lain dari makanan junk food yang bisa membikin PMS, contohnya: gula, serta pati, yang mengakibatkan insulin naik serta turun dengan cepat. Hal ini dapat membuat senyawa kimia pada otak berubah dan memperburuk mood swing yang anda alami. Demikian pula dengan minuman kopi di gerai yang ditambahi dengan berbagai macam pemanis yang dapat mengakibatkan hormon-hormon anda bergolak akibat gabungan dari kopi dan kafein.

5.  Pusing

Pernahkah anda mengalami sakit kepala setelah mengkonsumsi junk food secara berturut-turut? Hal ini disebabkan karena bahan tyramine yang ada dalam makanan junk food tersebut. Tyramine menambah aliran darah ke otak sehingga mengakibatkan pergantian pembuluh darah yang menyebabkan rasa sakit. Cermatlah dalam mengamati jajanan anda dan tidak membeli makanan yang mengandung pewarna tidak alami.

6.  Bad mood.
Beragam studi tunjukkan bahwa orang yang banyak konsumsi junk food condong dapat alami depresi. sekurang-kurangnya, jika tubuh kurang nyaman saat mengkonsumsi junk food maka mood pun akan terganggu.

7.  Kembung
Beragam makanan olahan yang dipakai pada junk food memiliki kandungan kandungan sodium yang tinggi. Sodium sendiri adalah pemicu utama perut kembung. Perihal ini dikarenakan sodium mengatur jumlah darah didalam pembuluh darah, serta karakternya mengikat air.



Di bawah ini yaitu sebagian type makanan junk food atau makanan siap saji

1. Gorengan
Golongan makanan ini kandungan kalorinya tinggi, kandungan lemak atau minyak serta oksidanya tinggi. Apabila dikonsumsi dengan regular bisa mengakibatkan kegemukan, penyakit jantung koroner.
Didalam sistem menggoreng banyak terbentuk zat karsiogenik, di mana sudah dibuktikan kecenderungan kanker untuk mereka yang konsumsi makanan gorengannya  lebih tinggi dari yang tidak atau sedikit mengkonsumsi makanan gorengan.

2.  Makanan kalengan
Baik yang berbentuk buah kalengan atau daging kalengan, kandungan gizinya telah banyak dirusak, terutama kandungan vitaminnya nyaris semuanya dirusak. Kandungan proteinnya sudah alami pergantian karakter sampai penyerapannya diperlambat. Nilai gizinya jauh menyusut.
Banyak buah kalengan berkadar gula tinggi sehingga mengakibatkan kandungan gula darah meningkat dan memberatkan kinerja pankreas. Disamping itu dengan tingginya kalori bisa mengakibatkan obesitas.

3.  Asinan
Didalam sistem pengasinan diperlukan penambahan garam. Hal ini mengakibatkan kandungan garam di dalam makanan tersebut berlebihan yang berakibat akan menambah beban ginjal.
Akibat mengonsumsi asinan berlebihan akan menimbulkan hipertensi. Apalagi jika asinan tersebut ditambahkan amonium nitrat, maka menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan.
Kandungan garam yang tinggi bisa mengakibatkan kerusakan selaput lendir lambung serta usus. Dan jika dikonsumsi secara kontinyu, kemungkinan bisa terkena radang ambung serta usus.

4.  Makanan daging yang diolah ( ham, sosis, dan seterusnya )
memiliki kandungan garam nitrit yang bisa mengakibatkan kanker juga memiliki kandungan pengawet atau pewarna yang memberatkan beban hati.

5. Makanan dari daging berlemak serta jeroan
Walau memiliki kandungan protein yang baik, vit. serta mineral namun didalam daging berlemak serta jeroan memiliki kandungan lemak jemu serta kolesterol yang telah divonis sebagai pencetus penyakit jantung.
Makan jeroan binatang didalam jumlah banyak serta waktu lama bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner, serta tumor ganas ( kanker usus besar ), kanker payudara serta yang lain.

6. Olahan keju
Kerap konsumsi olahan keju bisa mengakibatkan menambahkan berat badan sampai gula darah meninggi.

7.  Mie instan
Makanan ini tergolong makanan tinggi garam, sedikit vit., serta mineral. Kandungan garam tinggi mengakibatkan beratnya beban ginjal, menambah tekanan darah, memberatkan beban pembuluh darah jantung.

8.  Makanan yang dipanggang atau dibakar
Makanan yang dipanggang atau dibakar memiliki kandungan zat pemicu kanker.

9.  Sajian beku
Es cream, cake beku, serta yang lain. golongan ini mempunyai tiga problem dikarenakan memiliki kandungan mentega tinggi yang mengakibatkan obesitas dikarenakan kandungan gula tinggi kurangi nafsu makan juga dikarenakan temperatur rendah hingga merubah usus

10. Manisan kering
Memiliki kandungan garam nitrat, manisan kering dapat berhimpun dengan amonium didalam tubuh serta membuahkan zat karsiogenik yang mengakibatkan kerusakan organ-organ tubuh, terlebih hati. makanan ini akan menyebabkan tekanan darah tinggi serta rusaknya ginjal.